Sejarah Program Studi D3 Otomasi Sistem Instrumentasi

PS DIII OSI didirikan pada tahun 2002 untuk memenuhi kebutuhan tenaga tingkat menengah dalam bidang instrumentasi industri maupun medis, khususnya instrumentasi yang berbasis komputer. Lulusan DIII OSI siap dilatih untuk mampu mengoperasikan, merawat, memperbaiki, serta membangun sistem instrumentasi beserta perangkat pendukungnya (hardware dan software). 

Berdirinya PS DIII OSI Universitas Airlangga (UNAIR) tidak terlepas dari sejarah berdirinya Fakultas Sains dan Teknologi (FST) yang merupakan pengembangan dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA). Perubahan nama ini dilakukan sejalan dengan semakin berkembangnya PS yang ada di lingkungan FMIPA UNAIR. Semula FMIPA UNAIR hanya mengelola empat PS S1 (Matematika, Kimia, Bilologi, dan Fisika) dan dua PS DIII (Sistem Informasi dan Otomasi Sistem Instrumentasi), pada tahun 2008 bertambah dengan lahirnya lima PS baru, yaitu tiga PS S1 (Sistem Informasi, Teknobiomedik, Ilmu dan Teknologi Lingkungan), serta dua PS S2 (Kimia dan Biologi). Sejalan dengan pengembangan ini maka berdasarkan SK Rektor No. 3294/J03/OT/2008 sejak 10 April 2008 Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) berganti nama menjadi Fakultas Sains dan Teknologi (FST). Diharapkan dengan perubahan nama Fakultas ini dapat mengiringi dan mendukung visi Universitas untuk dapat bersaing di dunia internasional terutama dalam pengembangan sains dan teknologi.

Pada awal berdirinya PS DIII OSI berada di bawah Departemen Fisika FST UNAIR. PS DIII OSI lahir dari salah satu laboratorium yang berada di bawah Departemen Fisika, yaitu laboratorium Instrumentasi dan Komputasi, sehingga staf pengajar sebagian besar berasal dari Departemen Fisika baik itu PNS maupun dosen tetap Universitas. Selain itu, tenaga dosen juga ada yang berasal dari kalangan praktisi dan industri.

Mulai tahun akademik 2014/2015, pengelolaan jenjang pendidikan vokasi di UNAIR dikelola oleh satu lembaga tersendiri bernama Fakultas Vokasi (FV). Penggabungan ini bertujuan untuk meningkatkan mutu pengelolaan, sehingga meningkatkan kualitas pendidikannya pula. Dengan didirikannya FV, maka sejak tahun akademik 2014/2015, pengelolaan PS DIII OSI beralih ke FV. Pengelolaan PS DIII OSI selanjutnya berada dibawah Departemen Teknik. Fakultas, baik FST maupun FV, dipimpin oleh Dekan yang bertanggung jawab langsung kepada Rektor. Dalam melaksanakan tugas sehari-hari, Dekan dibantu oleh 3 orang Wakil Dekan (Wadek) yaitu, Wadek I: bidang akademik dan kemahasiswaan, Wadek II: bidang anggaran dan sarana prasarana, Wadek III: bidang kerjasama dan sistem informasi. Para Wadek selanjutnya dibantu oleh Kepala Bagian Akademik dan Kepala Bagian Sumber daya. Kepala Bagian Akademik membawahi Kasubbag Akademik dan Kasubbag Kemahasiswaan, dan Kepala Bagian Sumber daya membawahi Kasubbag Keuangan & SDM dan Kasubbag Sarana dan Prasarana. Pembagian kewenangan ini memungkinkan pendistribusian tugas yang jelas dan berimbang, disertai dengan sistem pendelegasian yang baik.

Struktur Organisasi Fakultas Vokasi